Sabtu, 29 April 2017

Pertemuan Ke-3 Pembelajaran di TK Sang Pelangi dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building Pancasila bersama Teach For Indonesia (TFI)










Pertemuan Ketiga
Kelas                     : LF-11
Dosen                    : Antonius Atosökhi Gea
Waktu                    : Senin 27 Maret 2017
Pukul                     : 09.00 – 11.00
Lokasi                    : TK Sang Pelangi
Jumlah Murid TK B :  25




Tim yang hadir :
Ketua                : Patrisio// 2001560692
Anggota            : 
Musa Chayadi Sugiharto// 2001559816
Kelvin Robeto// 2001592795
Handri Kusuma // 2001558076
Ignatius Joshua Atfiko // 2001545861
Edy Evendi // 2001558025
David Palidungan // 2001548106


Berikut laporan tentang proses pembelajaran di TK Sang Pelangi selama kami menjalani proyek luar kelas. Kegiatan ini didasarkan pada mata kuliah Character Building: Pancasila, yang merupakan mata kuliah wajib bagi seluruh mahasiswa Universitas Bina Nusantara. Character Building: Pancasila mengajarkan tentang bagaimana kita sebagai warga negara Indonesia terlebih sebagai mahasiswa Universitas Bina Nusantara dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Persiapan :

Pada pertemuan kali ini kami akan mengajar anak-anak kelas TK B dengan materi Tanah Air ku. Kami menyiapkan Alat Perkusi Sederhana  yang akan Menjadi Pengiring Musik kami dalam mengajarkan lagu lagu daerah untuk  anak-anak. Alat alat perkusi tersebut antara lain botol pelastik yang diisikan beras,galon air mineral, penutup paci,sedok dan garpu.sebelu kelas masuk kami menjelaskan apa yang hari ini kami lakukan ke anak anak tk sang pelangi







Anggota mejelaskan apa yang akan dilakukan dalam kegiatan belajar mengajar (27 Maret 2017) 



Guru Mengiapkan Anak anak untuk berbaris Sebelum Memasuki Kelas(27 Maret 2017)


Metode yang kami terapkan hampir sama dengan pertemuan sebelumnya,masih mengajar dengan metode classroom tapi disini kami akan mengajarkan untuk dapat bekerja sama untuk bermain musik dengan alat perkusi sederhana. Kami memainkan dua buah lagu : Ampar-ampar pisang dan Soleram.


Proses Mengajar :
Kami masuk ke kelas TK B setelah sesi berdoa. Setelah menyapa anak-anak, kami langsung menjelaskan kegiatan yang akan kita lakukan. Setelah itu kami langsung membagikan sejumlah botol plastik berisi beras yang sudah kami persiapkan dengan bertujuan mengajarkan bermain musik dengan alat perkusi sederhana  dan kami mendiskuksikan perlahan lahan kepada anak anak dengan membawakan lagu daerah Karena tema yang diberikan oleh kepala sekolah adalah Tanah Air




Anak anak Mengikuti Intruksi Dari para Pembimmbing Pengajar(27 Maret 2017)




Anak-anak bersemangat menyanyi dan bermain alat perkusi (27 Maret 2017)


selama kegitan berlangsung anak anak dari TK Sang Pelangi mengikuti Intruksi yang diberikan oleh pengajar dengan baik dan benar dan tidak ada yang tidak bersemangat sedikitpun.Kami mengajarkan lagu daerah sebanyak 3 lagu yaitu :soleram,ampar apar pisang dan sajojo, walau cukup sedikit sulit bagi mereka setidaknya mereka mengetahui lagu lagu daerah di indonesia dan kami berusaha untuk memperkenalkan kebudayaan terutama lagu daerah yang terdapat di indonesia supaya mereka mempunyai rasa cinta kepada Tanah Airnya


Agar Memberikan Materi Pelajaran Lebih Kreatif(Lagu dan Perlengkapan musiknya)

Kesimpulan :kami merasa senang bisa mengajarjar anak anak tk Karena kami jadi mengetahui karacteristik anak anak dari tk sang pelangi tersebut dengan begitu kami bisa memberitahu kepada guru dari tk sang pelagi untuk mengarahkan potensi potensi dari anak anak tersebut agar dapat mengarakannya ke bidang bidang yang merupakan kelahlian anak masing masing dan dapat  bangga terhadap tanah airnya.








baca selengkapnya

Senin, 24 April 2017

Pertemuan Ke-2 Pembelajaran di TK Sang Pelangi dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building Pancasila bersama Teach For Indonesia (TFI)











Pertemuan Kedua

Kelas                     : LF-11
Dosen                    : Antonius Atosökhi Gea
Waktu                    : Jumat 24 Maret 2017
Pukul                     : 07.30 – 09.00
Lokasi                    : TK Sang Pelangi
Jumlah Murid TK B :  25






Tim yang hadir :
Ketua                : Patrisio// 2001560692
Anggota            : 
Musa Chayadi Sugiharto// 2001559816
Kelvin Robeto// 2001592795
Handri Kusuma // 2001558076
Ignatius Joshua Atfiko // 2001545861
Edy Evendi // 2001558025
David Palidungan // 2001548106

Berikut laporan tentang proses pembelajaran di TK Sang Pelangi selama kami menjalani proyek luar kelas. Kegiatan ini didasarkan pada mata kuliah Character Building: Pancasila, yang merupakan mata kuliah wajib bagi seluruh mahasiswa Universitas Bina Nusantara. Character Building: Pancasila mengajarkan tentang bagaimana kita sebagai warga negara Indonesia terlebih sebagai mahasiswa Universitas Bina Nusantara dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.


Persiapan :

Pada pertemuan kali ini kami akan mengajar anak-anak kelas TK B dengan materi Tanah Air ku. Kami memnyiapkan gambar yang akan diwarnai oleh anak-anak. Gambar tersebut adalah gambar suasana perlombaan tarik tambang pada saat memperingati hari kemerdekaan kita. 


Metode :
Metode yang kami terapkan adalah metode mengajar classroom dimana dengan metode ini memiliki kelebihan semua para anak-anak dapat menerap materi pelajaran lebih baik Karena memdapatkan bimbingan dari setiap anggota kami.dan aktivitas anak hanya duduk di dalam kelas sambil mengikiti intrusksi yang kami sampaikan kepada anak-anak.Hingga pada akhirnya kami mengumpulkan hasil gambar mereka.


Proses Mengajar :
Kami masuk ke kelas TK B setelah sesi berdoa. Setelah menyapa anak-anak, kami langsung menjelaskan kegiatan yang akan kita lakukan. Setelah itu kami langsung membagikan gambar yang sudah kami persiapkan. Saat mewarnai kami memandu mereka dengan cara menempelkan gambar di depan kelas dan mengajak anak-anak mewarnai gambar bersama-sama dengan warna yang sama.






 mengintuksikan warna pada gambar dengan berdiskusi dengan anak anak TK(24 Maret 2017)





 mengawasi dan mendamping anak anak dalam kegiatan mewarnai(24 Maret 2017)


Gambar yang kami gunakan untuk mewarnai.

dalam melaksanakan kegiatan mewarnai para anak mengikuti dengan semangat dan berantusias ada yang membuat tidak sesuai intruksi yang kami ajari tapi dengan warna yang mereka sukai tak masalah karena ini membuktikan bahwa mereka memiliki potensi untuk menjadi disainer atau apapun yang mereka sukai  di masa depanya untuk kemajuan generasi indonesia





Laporan Pengajaran (24 Maret 2017)




Komunikasi denga anak TK terbangun dengan baik.

Kesimpulan :
Tidak mudah untuk memandu anak-anak TK mewarnai bersama, karena ada beberapa anak yang tidak sabar untuk menunggu teman yang belum selesai dan akhirnya memberi warna sesuai keinginan sendiri.










baca selengkapnya