Senin, 24 April 2017

Pertemuan Ke-2 Pembelajaran di TK Sang Pelangi dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building Pancasila bersama Teach For Indonesia (TFI)











Pertemuan Kedua

Kelas                     : LF-11
Dosen                    : Antonius Atosökhi Gea
Waktu                    : Jumat 24 Maret 2017
Pukul                     : 07.30 – 09.00
Lokasi                    : TK Sang Pelangi
Jumlah Murid TK B :  25






Tim yang hadir :
Ketua                : Patrisio// 2001560692
Anggota            : 
Musa Chayadi Sugiharto// 2001559816
Kelvin Robeto// 2001592795
Handri Kusuma // 2001558076
Ignatius Joshua Atfiko // 2001545861
Edy Evendi // 2001558025
David Palidungan // 2001548106

Berikut laporan tentang proses pembelajaran di TK Sang Pelangi selama kami menjalani proyek luar kelas. Kegiatan ini didasarkan pada mata kuliah Character Building: Pancasila, yang merupakan mata kuliah wajib bagi seluruh mahasiswa Universitas Bina Nusantara. Character Building: Pancasila mengajarkan tentang bagaimana kita sebagai warga negara Indonesia terlebih sebagai mahasiswa Universitas Bina Nusantara dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.


Persiapan :

Pada pertemuan kali ini kami akan mengajar anak-anak kelas TK B dengan materi Tanah Air ku. Kami memnyiapkan gambar yang akan diwarnai oleh anak-anak. Gambar tersebut adalah gambar suasana perlombaan tarik tambang pada saat memperingati hari kemerdekaan kita. 


Metode :
Metode yang kami terapkan adalah metode mengajar classroom dimana dengan metode ini memiliki kelebihan semua para anak-anak dapat menerap materi pelajaran lebih baik Karena memdapatkan bimbingan dari setiap anggota kami.dan aktivitas anak hanya duduk di dalam kelas sambil mengikiti intrusksi yang kami sampaikan kepada anak-anak.Hingga pada akhirnya kami mengumpulkan hasil gambar mereka.


Proses Mengajar :
Kami masuk ke kelas TK B setelah sesi berdoa. Setelah menyapa anak-anak, kami langsung menjelaskan kegiatan yang akan kita lakukan. Setelah itu kami langsung membagikan gambar yang sudah kami persiapkan. Saat mewarnai kami memandu mereka dengan cara menempelkan gambar di depan kelas dan mengajak anak-anak mewarnai gambar bersama-sama dengan warna yang sama.






 mengintuksikan warna pada gambar dengan berdiskusi dengan anak anak TK(24 Maret 2017)





 mengawasi dan mendamping anak anak dalam kegiatan mewarnai(24 Maret 2017)


Gambar yang kami gunakan untuk mewarnai.

dalam melaksanakan kegiatan mewarnai para anak mengikuti dengan semangat dan berantusias ada yang membuat tidak sesuai intruksi yang kami ajari tapi dengan warna yang mereka sukai tak masalah karena ini membuktikan bahwa mereka memiliki potensi untuk menjadi disainer atau apapun yang mereka sukai  di masa depanya untuk kemajuan generasi indonesia





Laporan Pengajaran (24 Maret 2017)




Komunikasi denga anak TK terbangun dengan baik.

Kesimpulan :
Tidak mudah untuk memandu anak-anak TK mewarnai bersama, karena ada beberapa anak yang tidak sabar untuk menunggu teman yang belum selesai dan akhirnya memberi warna sesuai keinginan sendiri.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar